Berjalan bersama Roh Kudus.

Renungan Harian YASS

Selasa, 8 Juni 2021

Yohanes 16:13 (TB)  Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.


Saat Yosua pertama kali memimpin, ia bukanlah orang yang berhati teguh. Malah bisa dikatakan Yosua ini mudah berkecil hati. Tapi sejak saat Tuhan mengangkatnya menjadi pemimpin, berkali-kali Tuhan harus meyakinkan Yosua untuk menguatkan dan meneguhkan hatinya. Tuhan pun berpesan kepada Yosua untuk tidak menyimpang ke kanan dan ke kiri, serta benar-benar mengikuti tuntunan-Nya supaya kemenangan dan keberhasilan menyertainya. Dan itu benar-benar terjadi. Lihatlah bagaimana Tuhan memberi arahan dan tuntunan kepada Yosua saat bangsa Israel menyeberangi sungai Yordan. Bagaimana tembok kuat Yerikho roboh saat Yosua dan bangsa Israel mengikuti petunjuk Tuhan secara detail. Bagaimana peperangan demi peperangan terus dimenangkan bangsa Israel di bawah pimpinan Yosua. Kejadian demi kejadian itu tentunya membuat iman Yosua bertumbuh semakin kuat.


Bahkan suatu kali, dengan gagah berani dan iman yang penuh, Yosua meminta kepada Tuhan untuk menghentikan matahari sampai kemenangan terjadi bagi bangsa Israel. Bukankah hal itu menunjukkan pertumbuhan iman yang luar biasa? Dari seseorang yang awalnya harus terus dikuatkan dan diteguhkan hatinya, kini Yosua berubah menjadi seorang pemimpin yang beriman teguh. Demonstrasi imannya tersebut membuat Allah mengabulkan permintaannya untuk menghentikan matahari. Semua itu bukan karena Yosua hebat, tetapi karena ada hati yang mau dibimbing, dipimpin dan terus berjalan bersama Tuhan.


Apa yang dialami oleh Yosua, pasti bisa kita alami juga. Mungkin sekarang keadaan kita sama seperti Yosua, pada awalnya masih harus dikuatkan dan diteguhkan hatinya terhadap janji Tuhan yang besar. Namun selama kita mengizinkan Roh Kudus berjalan bersama kita, maka Dia sendiri yang akan membimbing, mengajar dan menuntun kita. Jika kita berjalan bersama-Nya, Anda pasti akan melihat banyak mujizat yang Tuhan kerjakan. Saat itulah sesungguhnya Dia sedang membuat iman kita bertumbuh makin hari makin kuat, dan makin hari makin dewasa. Percayalah, banyak perkara yang lebih besar akan terjadi dalam hidup kita.

Tuhan Yesus Memberkati.

Penulis : Venytha Selvyani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s