Menjaga Hati Dengan Kewaspadaan

Renungan Harian YASS
Rabu, 24 Juni 2021

Lukas 11:34 (TB)
“Matamu adalah pelita tubuhmu. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu.”

Mata digambarkan sebagai pelita, sekalipun kecil tetapi bisa membawa tubuh yang jauh lebih besar kepada tujuannya. Tentu saja yang dimaksudkan bukan hanya berbicara mata secara fisik tetapi mata hati juga. Segala sesuatu diawali dari hati. Jika hati kita baik, maka apa yang akan kita lakukan juga akan baik. Sekalipun orang lain tidak bisa melihat hati kita, membaca pikiran kita, tetapi melalui perbuatan orang bisa mengenali kita.

Amsal 11:23 mengatakan demikian: Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. Artinya sama seperti mata secara fisik yang harus dijaga dengan ekstra hati-hati, demikian juga hati kita dengan kewaspadaan, dari hal-hal yang kotor dan cemar. Bagaimana caranya? Dengan selalu mengisinya dengan firman Tuhan.

Firman membuat aliran kehidupan di dalam hati kita menjadi bersih. Membuang kotoran-kotoran yang ada sehingga kita dapat memancarkan kehidupan. Sekalipun ada banyak kotoran dan debu di sekitar, kita pasti akan menjaga mata kita agar kotoran tidak masuk. Demikian juga ada banyak hal yang mungkin dapat membuat kita kecewa, sakit hati dan lain sebagainya. Jika kita berkomitmen untuk tidak membiarkan semua hal tersebut masuk ke dalam hati kita maka kebersihan hati akan terus terjaga.

Tuhan Memberkati

Valen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s